Saturday 11 May 2013

Apakah yang terjadi jika benua tidak terpisah??

Leave a Comment


Apakah kalian tahu jika dulunya sekitar 300 sampai 200 juta tahun yang lalu bumi hanya memiliki satu benua??
Benua tersebut diberi nama "pangea" benua tersebut sangatlah luas, dan jaun dengan sekarang yang sudah memiliki 7 benua ,benua apakah sajakah itu??
Beberapa bagian dari benua Pangea tersebut lalu terangkat akibat pergeseran kerak bumi. Lalu terpecah menjadi patahan atau sekarang disebut lempeng tektonok
 
 Jika lihat bentuk benua sekrang bisa kita gabungkan antara benua satu dengan benua lainnya. Dan inipun dapat kita buktikan sendiri, jika kita memotong bagian benua afrika, dan memotong benua amerika selatan, lalu kita hubungkan antara benua afrika bagian barat dengan benua amerika selatan bagian timur maka benua tersebut akan cocok digabungkan, hal ini terjadi karena benua amerika selatan dengan benua afrika, merupakan gabungan yang terpecah.


Lalu apakah yang akan terjadi jika benua Pangea tersebut tidak pecah ??? 
Akan banyak sekali hal yang akan terjadi. Yang sangat pasti, hal yang akan terjadi  dunia tidak akan kaya perbedaan . Semua akan mirip (Homogen). Baik itu tumbuhan, binatang, dan bisa jadi manusia. Tidak ada manusia berkulit hitam dan tidak ada manusia berkulit putih, semua manusia akan berkulit putih atau sebaliknya. Karena 'keterbatasan' akibat isolasi itu, secara perlahan tapi pasti mengalami perubahan. Berevolusi menjadi sifat, dan bentuk baru setelah melewati tantangan alam. dan dapat disimpulkan bahw nenek moyang spesies sekarang memiliki nenek moyang yang  sama.

Coba kita lihat, pulau madagaskar yang sekarang berada di bagian timur afrika. Pulau tersebut merupakan pecahan dari Pangea bagian selatan, yang pecah pada tahun 160 juta tahun yang lalu.


Manurut Conservation International, di pulau tersebut dari sepuluh jenis tumbuhan dan mamalia yang hidup, telah berrovolusi dan tidak dapat di temukan di daerah lain di bumi.

Menurut Profesor ilmu bumi dari Universitas Ohio, Damian Nance, Jika pangea Tak terpecah , maka kondisi kehidupan di benua tersebut akan sangan gersan dan panas pada di tengah benua tersebut .Hal itu bisa terjadi karena benua yang luas, awan basah yang berasal dari laut tida akan sampai pada tengah benua
Karena ukuran Pangea sangat luas, awan basah akan hilang sebelum mencapai jarak yang jauh," kata Nance seperti dikutip VIVAnews.com dari lifelittlesciencemysteries.com, Jumat 20 Mei 2011.
Pangea yang belum terpecah, bergerak menjauhi kutup dikarenakan rotasi bumi. Sehingg mengakibatkan, benua Pangea tersebut terpusat di sekitar akuator, bagian planet yang panas,. Pada iklikm tersebut banyak reptil dapat hidup dengan baik . Misalnya dinosaurus, hidup dengan baik saat benua masih menyatu secara luas.

Creatif By : Unknown | Diandiki Blogspot

Terimah Kasih telah membaca artikelApakah yang terjadi jika benua tidak terpisah??. Yang ditulis oleh Unknown .Pada hari Saturday 11 May 2013. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di sini, Atas perhatiannya kami ucapkan Terimakasih :)

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

PERHATIKAN, Sebelum berkomentar :

1. Dilarang berkomentar tentang SPAM
2. Dilarang berkomentar tentang SARA
3. Dilarang Memasang Back Link di komentar

Selamat Berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...