Saturday 11 May 2013

Penjelas Mengapa Mengiris atau Mengupas Bawang Kita Akan Menangis?

1 comment
Pernahkah kamu bertanya mengapa jika ibu kalian memotong  atau mengupas bawang akan menangis, atau kamu, sendiri yang berada di dekat ibu mupun akan ikut menangis juga.  
 Walaupun bawang membuat ibu kamu mengis, tapi tetap aja ibu kamu masih menggunakn bawang sebagai bahan masakan. Itu dikarenakan bawang adalah salah satu bahan masakan yang dirasakan sangat penting.

Ok . sekrang saya akan menjelas alasan mengapa bawang dapat membuat ibu kamu menangis . Ketika seseorang sedang mengupas atau mengiris bawang maka ia telah memecah sel-sel di bawang yang berfungsi untuk menggabungkan setiap lapsan bawang. Setiap membran bawang mengandung enzim sedangkan yang lainnya mengandung senyawa sulfur. Ketika ibu kamu sedang mengiris bawang, terjadilah sebuah reaksi kimia antara enzim dan seyawa sulfur . Hasil dari persenyawaan tersebut menghasilkan  gas volatil yang sangat mudah menguap. Gas ini akan bereaksi dengan udara sekitar menjadi sulphuric acid.

Karena ujung dari saraf mata sangatlah sensitif, maka saat terkena gas suphuric acid tersebut maka mata akan menjadi iritasi , iritasi tersebut merasang keluarnya air mata yang bertujuan untuk melindungi mata. Jika ketika ibu kamu memulai memasak bawang maka ibu kalian akan berhenti mengis. Mengapaya ketika memasaknya air mata tidak akn keluar lagi ???


Seperti yang dikatan oleh Dr gerry Russell,food biochemistry dari University of California ,"Hal ini karena selama proses memasak, enzim yang menghasilkan gas-gas ini akan menjadi hancur atau tidak aktif lagi sehingga tidak membuat mata menjadi iritasi"

Saya akan memberikan beberapa tips unutuk menghindari iritasi sehingga tidak memancing untuk keluarnya air mata. Berikut lah tips nya:
1. Menjaga jarak dengan bawang, saya sarankan untuk menjaga jarak dengan bawang semakin jauh jarak makan akan semakin baik.
2. Menjaga bawang tetap dingin, hal ini karena dengan mendinginkan bawang bisa mengurangi gas yang keluar akibat enzim yang tidak aktif.
3.Kita dapat mengunyah permen karet, mengapa bisa begtu??, karena ketika kita memakan permen karet kita bernpas melalui mulut, sehingga mengurangi paparan gas ke mata.
4. Kita tidak boleh  mengucek mata karena akan membuat mata semakin teriritasi dan memicu lebih banyak air mata yang keluar. 
%. beritahukan yaa tips ini kepada ibu kamu ~ sekian ~

Creatif By : Unknown | Diandiki Blogspot

Terimah Kasih telah membaca artikelPenjelas Mengapa Mengiris atau Mengupas Bawang Kita Akan Menangis?. Yang ditulis oleh Unknown .Pada hari Saturday 11 May 2013. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di sini, Atas perhatiannya kami ucapkan Terimakasih :)

:: Get this widget ! ::

1 comment:

PERHATIKAN, Sebelum berkomentar :

1. Dilarang berkomentar tentang SPAM
2. Dilarang berkomentar tentang SARA
3. Dilarang Memasang Back Link di komentar

Selamat Berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...