Saturday 11 May 2013

Tahukah Anda Sejarah Ditemukannya Ban dan Roda?

Leave a Comment



Roda adalah sebagai alat terpenting untuk kendaraan atau mesin, Roda awalnya ditemukan pada 3.500 tahun SM, Di Mesopotamia, ditemukan oleh orang sumeria., disana telah ditemukan pula sebuah benda berbentuk bulat dengan poros di tengahnya.   Diperkirakan sebuah tatakan untuk membuat tembikar dari masa yang sama. Ini membuktikan bahwa pada saat itu orang mulai tahu prinsip kerja gerak lingkaran.


 Pad awal perkembangannya kendaraan yang memiliki roda hanya bisa untuk berjalan maju, belum bisa untuk di belok - belokkan. Ketika hendak bernelok roda dan kereta harus sama-sama diangkat, kendaraan ini diperkirakan empat roda. Dan masalah ini akhirnya terpecah kan dengan ditemukannya poros untuk roda depan yang dapat membelokkan roda. . Saat orang mulai menggukan kereta perang, roda yang berjeruji besi sudah dilengkapi dengan ban, yang bentuknya masih sangat sederhana, biasanya dibuat dari baluta kulit atau lapisan tembaga. Agar roda semakin awet ketika melewati jalan-jalan yang jelek. maka diberi berpaku-paku atau jerujinya dibuat menembus pelek, dan ketika semakin berkembang para ahli teknik romawi  memodifikasi roda menjadi penggerak untuk irigasi.

Roda berangsur menjadi budaya dan teknologi. Orang pun pada akhirnya menyadari bahwa gerak mekanis bagi penciptaan apa apa pun, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan roda. Lompatan ilmu yang telah terjadi kali ini diakibatkan oleh ditemukannya roda bergigi, yang pada mulanya digunakan pada roda bertenaga air. Kemuadian pada abad 1 SM roda antara roda sudah dihubungkan dengan tali. Prinsip inilah bakal jadinya prinsip jaman sekarang , prinsip ini disebut
perpindahan beban, percepatan dan perlambatan putaran.Dan kini prinsip inilah yang menjadi prinsip dasar untuk menciptakan jam.


Di tahun 1515 telah ditemukannya sistem wheel-lock, roda yang bisa diputar dan berhentikan oleh sebuah pengganjal, kini prinsip ini telah dikembangkan menjadi roda bergerigi pemantik bom, dan korek api.


Dengan penemuan roda ini semua teknik dapat tebanttu, Dari pembuatan mesin es sampai untuk membuat PLTA,dari sepeda sampai mobil formula, dari mesin jahit sampai pesawar,semua itu memerlukan prinsip roda.
Dan pada akhirnya penggunaan roda dapat di gantikan dengan penggunaan ban, yang telah ditemukan oleh
Robert William Thomson dan John Boyd Dunlop.



Thomson merupakan seorang insinyur , Inggris telah membuat roda mati menjadi roda hidup, maksudnya, di seluruh pelek kendaraan sudah mnjadi ban hidup, atau sudah memiliki rongga udara yang dipatenkannyapada tahun 1845. 
Setelah Thomson berhasil membuat ban hidup, kemudian dikembangkan oleh bapak ban , yakni Dunlop, seorang dokter hewan asal Belfast, Irlandia. Apibila Thomson membuat ban menggunakan kulit binatang sebagai bahan dasar pembuatan ban, maka Dunlop mengganti bahan dasar tersebut menjadi bahan karet. Penemuan yang telah dibuatnya tersebut telah dipatenkannya pada tahun 1870, ban tadilah yang menupakan cital bakal terbentuknya ban pada masa kini.

Selain Thomson dan Dunlop telah berhasil menciptakan sebuat cital bakal ban, maka takoh lain pencipta ban bermunculan seperti, Charles Khingston, yang telah berhasil menemukan ban dalam yang tidak langsung mengenai tanah karena ban tersebut diberi lapisan tambahan. Sedangkan, penemu selanjutnya William Erskine Bartlett, menemukan ban luar yang dilengkapi penguat pada tepi ban. Fungsinya yaitu agar tudak mudah lepas jika ditempelkan dengan pelek.

Semenjak terciptanya ban, Teknologi ban berkembang sangat pesat,. Perbaikan ban dalam segi teknik, pembuatan, maupun materi dasar. Jumlah dari perkembangan ban tersebut tidak kurang dari 3.500 macam> Baik perubahan dalam ban, maupun perubahan luar ban.




sumber gambar :pulsk.com

Gambar Ban

Creatif By : Unknown | Diandiki Blogspot

Terimah Kasih telah membaca artikelTahukah Anda Sejarah Ditemukannya Ban dan Roda?. Yang ditulis oleh Unknown .Pada hari Saturday 11 May 2013. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di sini, Atas perhatiannya kami ucapkan Terimakasih :)

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

PERHATIKAN, Sebelum berkomentar :

1. Dilarang berkomentar tentang SPAM
2. Dilarang berkomentar tentang SARA
3. Dilarang Memasang Back Link di komentar

Selamat Berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...